
Padang – (2/4/2024) Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) DPP Sumatera Barat kembali mengadakan Sosialisasi Program Magang UMKM Merdeka di Kampus FEB UNAND. Kegiatan yang diperuntukkan bagi mahasiswa UNAND berlangsung pada tanggal 1 April 2024 di ruang seminar FEB UNAND.
Dalam sambutannya, Dekan FEB UNAND Dr. Endrizal Ridwan, SE., MEc menyampaikan bahwa untuk bersaing di bursa kerja nasional maupun internasional tidak cukup dengan modal IPK tinggi, mahasiswa harus meningkatkan dan mengembangkan softskill yang dimiliki serta mengambil program sertifikasi keahlian.
“Magang di UMKM memberikan pengalaman yang baru, mahasiswa bisa melihat proses dari hulu sampai hilir” kata Dekan. Dekan juga menambahkan bahwa dengan magang di UMKM mahasiswa akan lebih kompetitif, karena proses seleksi akan dilakukan secara nasional.
Berbeda dengan Program Magang UMKM Merdeka pada tahun sebelumnya. A.E Rina Pangeran, SE., MBA selaku Ketua DPP APINDO Sumatera Barat menyampaikan bahwa pada tahun ini Program Magang UMKM Merdeka sudah terintegrasi dengan Program MSIB atau Magang dan Studi Independen Bersertifikat Kampus Merdeka, Kemendikbudristek.
Rina juga menyampaikan bahwa DPP APINDO Sumatera Barat membuka kuota sebanyak 200 orang bagi mahasiswa Perguruan Tinggi di wilayah Sumatera Barat.
Yayan Sopian (Regional Public Affairs Manager Coca-Cola Europacific Partners Indonesia) yang merupakan narasumber utama pada acara sosialisasi tersebut memaparkan beberapa keuntungan yang akan diperoleh mahasiswa pada Program Magang UMKM Merdeka MSIB. Berikut beberapa keuntungan yang akan didapatkan mahasiswa; bantuan biaya hidup perbulan, lokasi magang disebar di seluruh wilayah Indonesia, membuka relasi baru, menumbuhkan jiwa entrepreneur, membantu UMKM naik kelas, dan magang akan dikonversi maksimal hinggal 20 SKS.
Yayan menerangkan bahwa peran mahasiswa dalam program magang di UMKM adalah sebagai konsultan. Mahasiswa diharapkan dapat menemukan dan membantu UMKM memecahkan persoalan yang dihadapi dilapangan mulai legalitas usaha, produksi, pengemasan, hingga pemasaran produk.